Tips Bisnis Licik

INGAT GAN…promosi sangat perlu. untuk kita bertumbuh dan eksis dalam bisnis.
Kalau kita keseringan main cantik (main halus) mungkin ada yang gak pernah percaya bahwa BISNIS ITU KEJAM.
tapi ada yang memang melakukan hal diluar norma kita

Ini mungkin sekedar share aja beberapa pengalaman  jadi marketing.
dalam dunia bisnis, persaingan adalah sesuatu yang wajar, semua perusahaan menggunakan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan dalam menghadapi persaingan, namun sayangya ada beberapa perusahaan yang mengahalalkan berbagai cara untuk membunuh pesaingnya. dan ane sanagt menyesal telah menjadi otak dan pelaku dari persaingan jahat ini.

begini ceritanya gan, beberapa waktu lalu saya kerja menjadi marketing di sebuah media cetak nasional, seiring dengan waktu karena tema produk saya laris, bertumbuhanlah penerbit2 baru yang mencoba mengadu peruntungan di dunia media cetak, awalnya kita gak khawatir dengan mereka, tapi beberapa waktu kemudian, oplagsaya turun 25 %, waktu ane survey ternyata pasar ane di rebut oleh pemain-pemain baru, setelah tahu di kangkangi pemain baru, langsung kita atur strategi buat ngebunuh mereka.

pokok dari bisnis media ialah isi (informasi), dan kecepatan menyampaikan informasi itu.
nah di situlah kita bermain, setelah saya pelajarin gerak-gerik pesaing , saya mulai mendapatkan celah buat ngebunuh mereka.

pertama ialah dengan menunda waktu kirim mereka ke konsumen, sehingga saat konsumen ingin membeli produk mereka namun tidak di temukan di pasar tepat waktu biasanya konsumen akan beralih ke produk sejenis yaitu produk ane.

nih yang saya kerjain.
ane suruh semua penjahat buat ngerjain mobil kiriman pesaing ane caranya, ngelamparin paku ke mobil tsb, gimana caranya supaya 4 bannya bocor, pasti di jamin puyeng tuh supir, dan butuh waktu buat benerin mobilnya, dan ujung2nya telat sampai ke konsumen.

nihn lagi
karena produk saya yang masih mimpin di pasar, saya ancam ke distributor dan agen saya kalo mereka ngambil produk pesaing, saya gak kasih barang. dan kalo tetap ngotot saya potong kompas jalur pemasarannya dia, kalo bisa sampe dia bangkrut, biar jadi shock terapi bagi yang lain.

nih lagi gan
karena keuangan perusahaan ane kuat, ane borong semua produk pesaing di pasar, gimana caranya supaya seolah-olah dia bangkrut dan tidak terbit lagi, sehingga konsumen kembali ke produk ane.

nih lagi gan
ane nanya ke agen dan distributornya pesaing berapa rata2 keuntungan mereka dari produk itu yang laku, trus ane bujukin kalo ane kasih duit sejumlah keuntungan itu tapi gak ngambil produk mereka mau gak, “siapa yang gak mau, gak perlu dagang tapi untung.

trus lagi
ane bikin produk serupa seperti mereka mulai dari judul (kalo judul paling di plesetin dikit) hingga tampilan, sama persis sehingga mengecoh konsumen.

yang terakhir
saya beli produk mereka, trus  jual lagi di pasar dengan harga yang jauh lebih murah.. sehingga konsumen menyesal dan merasa tertipu, sekaligus bisa merusak harga mereka di pasar.

nah kalo semua itu dah terjadi ujung2nya pembaca pasti merasa kecewa karena kiriman tidak tepat waktu, terbitnya tidak konsisten, harga tidak jelas, ada produk yang sama lebih murah dll , dan ujung-ujungnya saat konsumen mulai enggan membeli, para pemasang iklan pun mulai ogah masang iklan di situ, dan yang terjadi biasanya kalo penerbit itu dananya pas2an pasti bangkrut, banyak yang kecewa dengan produknya dan ujung2nya terjadilah PHK untuk karyawan yang menjadikan tempat itu sebagai periuk nasinnya. ini yang bikin  nyeseeeeeel banget

sebetulnya sih masih banyak lagi , tapi segitu aja yah takutnya di contoh ama yang lain. satu pesan  “PERCAYALAH PADA YANG DI ATAS KARENA RIZKI KITA SUDAH DI ATURNYA, DAN JANGAN SERAKAH”

Leave a Reply

