ilmu dagang bag 2

Mencari pekerjaan saat ini bukanlah hal yang gampang. Mungkin dengan menciptakan bisnis bisa menjadi salah satu bidang karir yang menjamin kelangsungan hidup Anda.

Namun, sebelum memutuskan untuk menciptakan sebuah bisnis, ada hal-hal yang harus diketahui sebelum membentuk sebuah usaha.
Berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika telah memiliki bisnis.

Komitmen
Bisinis apapun yang ingin dijalankan, perlu adanya sebuah komitmen dalam diri. Komitmen tersebut yang membuat bisnis dapat berkembang dan dipercaya oleh konsumen. Misalkan, Anda bisnis katering dan telah bekerjasama dengan satu perusahaan untuk melayani makan siang di perusahaan tersebut, Anda harus komitmen setiap harinya menyediakan makanan. Pastikan konsumen puas dengan rasa makanan dan kebersihan, serta ketepatan waktu. Jangan sampai makanan tiba saat jam makan siang telah usai.

Jalankan secara profesional
Sekecil apapun bisnis Anda, tetap memiliki regulasi dan kebijakan tersendiri. Anda harus memiliki prosedur, memiliki tim kerja dengan jabatannya masing-masing serta memiliki klien. Catat dan simpan semua dokumen yang berhubungan dengan bisnis Anda untuk bisa di-review setiap bulan atau tiga bulan sekali.

Bekerjasama dengan orang yang handal
Sangat baik, di dalam melakukan bisnis, Anda bekerjasama dengan orang yang handal. Apalagi, jika Anda masih amatir, Anda membutuhkan ide dan dukungan moral maupun material. Jadi, sebaiknya carilah rekan bisnis yang mau diajak kerjasama untuk mengembangkan usaha.

Jadilah tidak nyaman
Kenyamanan tidak membuat Anda maju. Sedangkan ketidaknyamanan dalam bisnis menuntut Anda terus berpikir dan bergerak maju. Ketidaknyamanan lebih dimaksudkan ke arah ketidakpuasan dalam pencapaian bisnis.
Kalo kita ga berani rugi percuma mau mulai bisnis
seperti banyak orang mengalami kerugian yang besar seperti sodara  yang jadi agen pulsa besar di provinsi lain. tapi dia tetep berusaha membalikkan keadaan kembali
ada pula yang setelah mengalami kebangkrutan dia tidak berani mengembalikan keadaannya. karena dia stres akan hutang dan lain lain, semua itu memang sulit tapi itu semua pasti ada jalan

Karena RUGI yang membuat kita menjadi belajar akan kesalahan kita dari berbisnis. ini juga sebagian dari kisah   yang bangkrut tapi masih bisa bangkit

Dalam mengawali mengkonsep sebuah bisnis, saya pribadi selalu terinspirasi dengan perkembangan konsep pemasaran yang terjadi. Dahulu Produsen atau dalam hal ini pengusaha selalu berusaha menjual produk yang mereka bisa buat. Secara sederhana kalau saya bisa membuat sandal model japit karet, maka saya akan membuat sandal model japit karet baru kemudian berpikir bagaimana cara menjualnya. Kendalanya adalah tidak semua orang akan menyukai produk buatan saya, dan saya juga akan bingung bagaimana dan kepada siapa saya menjualnya. Paradigma itu mulai berubah semenjak tahun 90-an, konsep pemasaran mulai merubah titik fokusnya dari produk ( Product Concept ) menjadi fokus kepada konsumen ( Costumer Concept ).

Konsumen saat ini menjadi bagian terdepan dalam Ilmu marketing. Saat ini sebelum membuat sebuah produk para marketer akan melakukan Riset terlebih dahulu kepada para konsumennya, baru setelah itu baru membuat produk. Jadi menurut saya langkah pertama yang perlu dilakukan adalah

1. MENANGKAP PELUANG PASAR.
Jika bingung ingin memulai usaha apa, coba saja kita lihat di keadaan lingkungan sekitar kita. kita bisa memulai dari hal – hal yang paling kecil seperti apa yang sedang tren dilingkungan kita, makanan jenis baru yang mulai di gemari di lingkungan kita, atau kita menemukan hal – hal kecil yang dapat kita manfaatkan. Contoh : misalnya saat ini sedang Nge-hit komunitas sepeda, ini tentu bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan….. Dari mulai menjual produk sepeda, spare part, aksesoris tambahan dll. atau kita juga bisa menawrkan produk jasa seperti : jasa modifikasi, jasa perbaikan, jasa persewaan sepeda ( yang ini sejauh ini saya melihat belum ada di Pasar, patut dicoba . Menangkap peluang memang butuh sensitifitas, tetapi yakinlah hal ini bisa dilatih.

2. MENCIPTAKAN NILAI TAMBAH
JIka kita bingung mau usaha apa, kita bisa saja memodifikasi usaha yang sudah ada. Bukan cuma meng – copy paste akan tetapi kita perlu menganalisa terlebih dahulu Konsumen dari usaha tersebut dan kemudian dengan kreatifitas kita memodifikasi usaha tersebut.

yaaah mungkin dengan 2 hal tersebut dapat mendorong kita untuk bisa mendapatkan ilham untuk mau memulai usaha apa,,,,, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s