Pelanggan adalah raja

Pelanggan adalah Raja..
kenapa  bilang begitu? coz pelanggan adalah sumber rejeki kita. berikan pelayanan prima kepada pelanggan dan akan menghasilkan sisi positif ke usaha kita.

terapkan hospitality / keramah tamahan kepada semua pelanggan dan jangan tebang pilih. Andaikan mereka selingkuh namun mereka pasti pernah cerita kepada teman, saudara atau orang lain tentang pelayanan kita. jadi hilang satu pelanggan karena selingkuh namun timbul pelanggan baru karena referensi dari pelanggan yang selingkuh.

piutang.. yep, kalau bisa jangan kita berikan piutang kepada pelanggan. namun piutang merupakan strategi bisnis dan bisa dimasukan sebagai pelayanan kepada konsumen namun jangan berikan piutang dengan mudah dan cobalah berikan alasan yang masuk akal agar pelanggan tidak berhutang.

Untuk mengantisipasi masalah piutang cobalah  untuk menganggarkan biaya di akuntansi usaha anda. Misalkan biaya ragu-ragu Rp.100.000,- jadi batasi pelanggan berhutang sampai batas Rp.100.000,-. jadi apabila pelanggan berhutang dan macet  gak rugi karena jumlah piutang tersebut sudah masuk kedalam biaya operasional .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s