Langkah Demi Langkah untuk Membangun Usaha

Banyak orang yang melakukan usaha tanpa rencana dahulu, sehingga kegagalan dalam berbisnis peluangnya sangat besar. Tidak ada salahnya kalau mau membuat usaha harus dengan program atau bisa dibilang langkah demi langkah untuk membangun usaha tersebut.

Sudah menjadi impian besar bagi para pelaku usaha untuk menjadi sukses. Berbagai macam pengorbanan pun rela dijalankan para pengusaha untuk mempersiapkan kesuksesan bisnisnya di masa-masa yang akan datang. Mulai dari mempersiapkan produk unggulan, melakukan survei pasar, hingga memilih lokasi usaha yang cukup strategis.

Untuk membantu para pemula yang tertarik menekuni dunia usaha, pada kesempatan kali ini sengaja kami informasikan 10 poin penting yang perlu disiapkan para pemula ketika mereka terjun membangun sebuah usaha di lansir dari bisnis ukm.

1. Menciptakan produk atau jasa.
Langkah pertama yang perlu Anda siapkan adalah memproduksi barang atau jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Sebagai contoh sederhana, bila Anda menjalankan bisnis kuliner, maka Anda perlu mempersiapkan komposisi resep dengan citarasa paling pas. Namun jika Anda menjalankan bisnis bimbingan belajar maka Anda harus mempersiapkan strategi pengajaran yang paling efektif dan menentukan mata pelajaran apa saja yang akan Anda ajarkan, apakah untuk pelajaran murid SD, SMP, SMA, ataupun mata pelajaran umum untuk para mahasiswa. Setelah produk atau jasa berhasil diciptakan, maka selanjutnya Anda bisa menentukan merek dagang yang akan digunakan dan besaran harga yang akan ditawarkan kepada calon konsumen.

2. Melakukan survei pasar untuk melihat respon konsumen.
Langkah kedua yang perlu dilakukan para pemula yaitu melakukan survei pasar untuk mengetahui respon konsumen. Baik itu mengenai rasa, bentuk, serta variasi produk maupun jasa yang Anda tawarkan kepada calon konsumen yang menjadi target pasar Anda. Masukan dari konsumen menjadi bekal utama bagi Anda untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan sebagian besar pasar, dan sebagai bahan pertimbangan bagi Anda sebelum akhirnya menentukan harga jual yang cukup ideal di pasaran.

3. Mempersiapkan segala kebutuhan izin usaha.
Meskipun masalah perizinan usaha belum menjadi prioritas utama bagi sebagian besar pelaku bisnis rumahan, namun bukan berarti urusan tersebut bisa Anda abaikan begitu saja. Kelegalan bisnis Anda ternyata cukup mempengaruhi kepercayaan para konsumen. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bila Anda mempersiapkan persyaratan atau administrasi surat izin usaha yang bersangkutan sebelum akhirnya Anda membangun kerajaan bisnis.

4. Memilih lokasi usaha strategis.
Tak bisa dipungkiri lagi bila keberadaan lokasi usaha cukup mempengaruhi omset penjualan yang diterima para pengusaha. Untuk itu, pastikan lokasi usaha yang Anda pilih cukup strategis (ramai dilalui kendaraan) dan sesuai dengan target pasar yang Anda bidik. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan bangunan pribadi seperti halaman rumah, atau menyewa kios serta toko di pusat keramaian (seperti misalnya di pusat perbelanjaan, mall, pasar, terminal, bandara, sekolah, kampus, rumah sakit, taman bermain, dan lain sebagainya).

5. Membuat standar operasional prosedur
Setelah mendapatkan lokasi usaha yang cukup potensial, selanjutnya Anda bisa mulai membuat standar operasional prosedur sebagai acuan pokok pergerakan bisnis Anda. Meskipun bisnis Anda masih terbilang baru dan belum bisa disamakan dengan perusahaan besar lainnya, namun tidak ada salahnya bila Anda melengkapinya dengan standar operasional prosedur agar seluruh aktivitas bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar dan teratur. Beberapa sistem yang perlu Anda perhatikan antara lain alur operasional usaha, sistem produksi dan pemasaran, kontrol barang masuk dan keluar, laporan keuangan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s